NIM: 1801440692
Mata Kuliah: Character Building: Pancasila
Kelas: LA16
Kelompok: 6
Nama Dosen: Nikodemus Thomas Martorejo, S.S., M.M
Kode Dosen: D3323
Nama TK: TK Islam RA. Az Zahra Kreatif
Lokasi TK: Jl. Anggrek Cakra No. 16B Rt.010/ Rw. 006 Kelurahan Sukabumi Utara Kebon Jeruk Jakarta Barat 11540
Hari Pengajaran TK: Kamis
Jam Pengajaran TK: 08.00 - 11.00
Tanggal Pengajaran TK: 9 April 2015
Tepat tanggal 9 April 2015, Saya beserta empat teman saya melakukan kegiatan pengajaran kepada anak-anak TK Islam RA. Az Zahra Kreatif untuk pertama kalinya. Saya berserta teman-teman saya sangat antusias dalam melakukan kegiatan pertama ini dan begitu pula anak-anak TK yang sangat gembira menyambut kedatangan kami untuk pertama kalinya.
Jumlah Anak
Dalam TK Islam RA. Az Zahra Kreatif terdapat 80 anak secara keseluruhan TK, namun saya mendapatkan 15 siswa dalam satu kelas untuk saya ajarkan.
Situasi TK
TK Islam RA. Az Zahra Kreatif memiliki kondisi lingkungan yang cukup asri dan bersih. Kondisi yang nyaman membuat anak-anak merasa tenang, begitu juga para orang tua mereka yang menemani di luar merasa nyaman. Akses yang dapat kita tempuh untuk menuju TK tidaklah sulit, memiliki jalan yang cukup untuk dilalui dua mobil.
Sarana dan Prasarana
Sarana dan Prasarana dalam TK tersebut memadai, mulai dari depan halaman yang terdapat perosotan, ring untuk bermain bola basket, ayunan, dan komedi putar mini. Dalam masing-masing kelas, terdapat rak buku, meja belajar, kursi belajar papan tulis, dan beberapa hiburan untuk anak-anak. Dekorasi kelas juga sangat menarik karena dihiasi oleh beberapa pernak-pernik untuk memperindah kelas.
Kondisi Anak-anak
Anak-anak dalam teka tersebut khususnya dalam kelas yang saya ajarkan, mereka cenderung aktif kepada guru dan saya sebagai pengajar baru mereka. Mereka sangat senang dan gembira dalam kegiatan-kegiatan yang saya berikan.
Proses Pembelajaran
Pada hari kedua saya mengajar, seperti biasa, kami memulai dengan membaca doa sebelum kami memulai proses pembelajaran agar semua proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan hikmat.
Saya memulai dengan mengajarkan mereka memb
aca huruf-huruf alphabet dan nama buah-buahan, beberapa anak belum bisa membaca dan mengetahui huruf-huruf yang saya berikan contoh. Tetapi, tidak sedikit anak yang sudah lancar membaca. Mereka sangat antusias dengan mengetahui huruf-huruf dan membaca nama-nama buah baru apa saja yang mereka pelajari.
aca huruf-huruf alphabet dan nama buah-buahan, beberapa anak belum bisa membaca dan mengetahui huruf-huruf yang saya berikan contoh. Tetapi, tidak sedikit anak yang sudah lancar membaca. Mereka sangat antusias dengan mengetahui huruf-huruf dan membaca nama-nama buah baru apa saja yang mereka pelajari.
Setelah kami semua selesai belajar membaca, saya membagikan kertas yang bergambar beraneka-ragam buah-buahan untuk mereka warnai. Anak-anak mulai mengambil pencil warna mereka dan memulai untuk mewarnainya. Lalu, setelah mereka selesai mewarnainya, hasil dari mewarnai mereka cukup baik. Kemudian, untuk melanjutkan kegiatan belajar mengajar saya di hari itu, saya membacakan sebuah dongeng tentang anak yang bersedekah untuk umat yang membutuhkan.
Proses pembalajaran kami akhiri dengan membaca doa, bersyukur dan tentunya kita bernyanyi lagu-lagu nasional, daerah, lagu anak-anak, dan lagu dari TK itu sendiri.
Nilai Pancasila yang Diterapkan
Nilai Pancasila yang diterapkan adalah Sila Pertama tentang 'Ketuhanan yang Maha Esa' dengan adanya berdoa bersama sebelum dan sesudah proses pembelajaran,
Sila Kedua tentang 'Kemanusiaan yang Adil dan Beradab' dengan menunjukkan kalau mereka semua sudah mengikuti segala kegiatan secara bersama-sama dan tertib dalam melakukan segala kegiatan yang sudah diberikan,
Sila Ketiga tentang 'Persatuan Indonesia' dengan menunjukkan kalau mereka itu saling membantu satu sama lain apa bila teman mereka tidak mengerti.
Pesan dan Kesan
Saya sangat bangga karena saya dapat terpilih sebagai pengajar dalam program ini, khususnya di TK Islam RA Az Zahra Kreatif. Karena saya mendapatkan anak-anak yang baik dan juga dalam proses pembelajaran kami hari ini, anak-anak begitu tertib walau mereka adalah anak-anak yang aktif. Saya mendapatkan begitu banyak pelajaran dan pengalaman untuk pertama kalinya saya dapat mengajarkan anak-anak TK. Saya akan terus mengembang diri saya dalam setiap proses pengajaran yang saya lakukan setiap kali saya mengajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar