NIM: 1801440692
Mata Kuliah: Character Building: Pancasila
Kelas: LA16
Kelompok: 6
Nama Dosen: Nikodemus Thomas Martorejo, S.S., M.M
Kode Dosen: D3323
Nama TK: TK Islam RA. Az Zahra Kreatif
Lokasi TK: Jl. Anggrek Cakra No. 16B Rt.010/ Rw. 006 Kelurahan Sukabumi Utara Kebon Jeruk Jakarta Barat 11540
Hari Pengajaran TK: Kamis
Jam Pengajaran TK: 08.00 - 11.00
Tanggal Pengajaran TK: 26 Maret 2015
Tepat tanggal 26 Maret 2015, Saya beserta empat teman saya melakukan kegiatan pengajaran kepada anak-anak TK Islam RA. Az Zahra Kreatif untuk pertama kalinya. Saya berserta teman-teman saya sangat antusias dalam melakukan kegiatan pertama ini dan begitu pula anak-anak TK yang sangat gembira menyambut kedatangan kami untuk pertama kalinya.
Jumlah Anak
Dalam TK Islam RA. Az Zahra Kreatif terdapat 80 anak secara keseluruhan TK, namun saya mendapatkan 15 siswa dalam satu kelas untuk saya ajarkan.
Situasi TK
TK Islam RA. Az Zahra Kreatif memiliki kondisi lingkungan yang cukup asri dan bersih. Kondisi yang nyaman membuat anak-anak merasa tenang, begitu juga para orang tua mereka yang menemani di luar merasa nyaman. Akses yang dapat kita tempuh untuk menuju TK tidaklah sulit, memiliki jalan yang cukup untuk dilalui dua mobil.
Sarana dan Prasarana
Sarana dan Prasarana dalam TK tersebut memadai, mulai dari depan halaman yang terdapat perosotan, ring untuk bermain bola basket, ayunan, dan komedi putar mini. Dalam masing-masing kelas, terdapat rak buku, meja belajar, kursi belajar papan tulis, dan beberapa hiburan untuk anak-anak. Dekorasi kelas juga sangat menarik karena dihiasi oleh beberapa pernak-pernik untuk memperindah kelas.
Kondisi Anak-anak
Anak-anak dalam teka tersebut khususnya dalam kelas yang saya ajarkan, mereka cenderung aktif kepada guru dan saya sebagai pengajar baru mereka. Mereka sangat senang dan gembira dalam kegiatan-kegiatan yang saya berikan.
Proses Pembelajaran
Awal pembelajaran yang saya lakukan pada saat itu adalah mencuci tangan dengan benar, karena meraka sedang melakukan kegiatan akhir bulan yaitu makan bersama. Setelah mereka mencuci tangan mereka masing-masing, lalu duduk dengan rapih dan membaca doa sebelum makan secara bersama-sama. Setelah mereka selesai makan, saya mengajak mereka untuk berdoa dan bersyukur setelah mereka makan kemudian tidak lupa untuk mencuci tangan dan merapihkan makanan mereka.
Setelah kami melakukan makan bersama, saya siap untuk membantu ibu guru dalam proses pengajaran. Ibu guru menerangkan bagaimana cara membaca, namun mereka baru bisa menyerap dua suku kata karena umur mereka berbeda-beda, ada yang sudah bisa membaca dan ada juga yang belum bisa membaca. Posisi saya pada saat itu membantu mengajarkan anak-anak yang belum bisa membaca, mereka senang dan mereka akhirnya mampu untuk mengikuti secara pelan-pelan hingga mereka semua bisa membaca dua suku kata tersubut.
Kemudian, Ibu guru memberikan waktu sejenak untuk anak-anak melakukan kegiatan hiburan. Saya membantu ibu guru untuk membagikan mainan untuk bermain anak-anak,yaitu lego. Saya memberitahu anak-anak cara bagaimana membuat robot-robotan menggunakan lego, mulai dari membentuk kaki, tangan, hingga kepala robot.
Saat waktu bermain telah usai, kami semua merapihkan mainan-mainan apa saja yang kita telah gunaan untuk dikembalikan pada tempatnya. Lalu, ibu guru membagikan buku mewarnai. Buku-buku dibagikan dan anak-anak mengambil crayon dari tas mereka masing-masing untuk memulai mewarnai huruf. Huruf kecil diwarnai dengan warna merah dan huruf besar diwarnai dengan warna biru. Beberapa dari mereka tidak bisa mewarnai huruf tersebut dengan sempurna, hasilnya cukup berantakan. Saya membantu mengajarkan mereka agar warna tidak keluar dari garis-garis sudut huruf. Mulai dari ujung-ujung huruf (atau gambar) apabila ingin mewarnai agar warna tidak berantakan dan mendapatkan hasil yang baik.
Waktu sudah tepat pukul 11.00. Saya, Ibu guru, dan anak-anak bergegas untuk pulang. Kami semua merapihkan segala alat tulis sebelum kami melakukan nyanyi-nyanyi bersama-sama. Kami semua bernyanyi mulai dari lagu daerah, lagu anak-anak, hingga lagu milik TK Islam RA Az Zahra Kreatif itu sendiri. Setelah menyanyi, anak-anak salim untuk berpamitan dengan ibu guru dan saya. Mereka sangat santun dan tertib dalam melakukan itu. Saya pun senang melihat wajah mereka yang gembira karena materi yang sudah diberikan hari ini.
Nilai Pancasila yang Diterapkan
Nilai Pancasila yang diterapkan adalah Sila Pertama tentang 'Ketuhanan yang Maha Esa' dengan adanya berdoa bersama sebelum dan sesudah proses pembelajaran,
Sila Kedua tentang 'Kemanusiaan yang Adil dan Beradab' dengan menunjukkan kalau mereka semua sudah mengikuti segala kegiatan secara bersama-sama dan tertib dalam melakukan segala kegiatan yang sudah diberikan,
Sila Ketiga tentang 'Persatuan Indonesia' dengan menunjukkan kalau mereka itu saling membantu satu sama lain apa bila teman mereka tidak mengerti.
Pesan dan Kesan
Saya sangat bangga karena saya dapat terpilih sebagai pengajar dalam program ini, khususnya di TK Islam RA Az Zahra Kreatif. Karena saya mendapatkan anak-anak yang baik dan juga dalam proses pembelajaran kami hari ini, anak-anak begitu tertib walau mereka adalah anak-anak yang aktif. Saya mendapatkan begitu banyak pelajaran dan pengalaman untuk pertama kalinya saya dapat mengajarkan anak-anak TK. Saya akan terus mengembang diri saya dalam setiap proses pengajaran yang saya lakukan setiap kali saya mengajar.